Pemprov Jatim Gencarkan Sektor UMKM Untuk Tameng Resesi 2023

Sabtu, 12 November 2022 – 15:09 WIB
Pemprov Jatim Gencarkan Sektor UMKM Untuk Tameng Resesi 2023 - JPNN.com Jatim
Pendampingan Serfifikasi Halal DInas Koperasi Jatim dan DPRD Jatim. Foto: Dok. Faiq untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemprov Jatim mendorong UMKM agar tumbuh sebagai poros perekonomian di Jatim dalam menghadapi ancaman resesi 2023.

PDRB Jatim ditopang sektor UMKM sebesar 57,81 persen, UMKM juga yang menjadi pembangkit ekonomi di tengah krisis pandemi selama dua tahun belakangan.

Karena itu, Pemprov melalui Dinas Koperasi dan UKM Jatim terus gencar mengawal penguatan sektor bisnis menengah ke bawah itu.

Bentuk konkret yang dilakukan dengan memberikan fasilitas UMKM melalui East Java Super Corridor (EJSC) di Kota Malang, Jember, Pamekasan, Bojonegoro, dan Madiun.

"Saya selalu ditingkatkan Bu Gubernur Khofifah, kalau menurut Jack Ma di 2030 85 persen ekonomi dunia akan digerakkan UMKM. Ini yang selalu kami pegang dan menjadi motivasi mengawal penguatan UMKM di Jatim," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Andromeda Qomariah.

Menurutnya, sudah banyak yang dilakukan pihaknya untuk memastikan pelaku UMKM mendapatkan dukungan dan fasilitas dari pemerintah, salah satunya mengadakan berbagai latihan dan fasilitas pendampingan.

Dia mencontohkan pelatihan pembuatan produk ayam katsu, kremes, dan hokben yang diinisiasi Yordan M Batara Goa selaku anggota Komisi A DPRD Jatim. Kegiatan pada 11 November 2022 itu banyak diikuti ibu rumah tangga di Surabaya dan sekitarnya.

"Kami beberapa kali juga melakukan pendampingan sertifikasi halal gratis, yang terakhir diikuti 50 pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha makanan dan minuman dari Sidoarjo, Surabaya, hingga Mojokerto dan langsung dipimpin perwakilan Komisi B DPRD Jatim, Mbak Agatha Retnosari," jelasnya.

Pemprov Jatim melalui Dinas Koperasi menggencarkan sektor UMKM untuk menjadikan tameng menghadapi resesi global 2023.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News