Ciptakan Ladang Usaha, Agatha Ajak Mak-Mak Belajar Buat Hantaran Nikah

Kamis, 07 Desember 2023 – 14:05 WIB
Ciptakan Ladang Usaha, Agatha Ajak Mak-Mak Belajar Buat Hantaran Nikah - JPNN.com Jatim
Caleg PDI Perjuangan Agatha Retnosari saat memberikan pelatihan pembuatan hantaran pernikahan sebagai ladang usaha yang menjanjikan bagi mak-mak di Surabaya. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anggota Komisi B DPRD Jatim Agatha Retnosari memberikan pelatihan kepada mak-mak di Surabaya terkait pembuatan hantaran pernikahan dan hiasan uang mahar pada Senin (4/12).

Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan potensi-potensi bisnis dengan melakukan penguatan sumber daya manusia (SDM) untuk menciptakan ladang usaha yang menjanjikan.

"Belakangan ini masyarakat menyukai hal-hal berbau estetik dan elegan. Oleh karena itu, produk hantaran pernikahan dan mahar uang banyak dijual para UKM untuk keperluan seserahan, lamaran dengan harga rendah hingga tinggi sesuai kualitasnya," ujar Agatha tertulis, Kamis (6/12).

Hantaran pernikahan itu disusun dengan berbagai macam bahan, mulai dari peralatan salat, pakaian, tas, sepatu, make up, peralatan mandi, atau susunan uang dengan warna senada agar tampak unik dan cantik.

Agatha menjelaskan hantaran biasanya dijual dengan harga yang bervariatif sesuai jumlah bahan yang disusun.

Menurutnya, membuat kerajinan dibutuhkan ketekunan untuk mendesain yang diinginkan agar menarik diaplikasikan pada barnag-barng yang akan disusun untuk memperoleh nilai seni yang tinggi.

"Ayo bangun semangat berbisnis kita, kembangkan kreativitas dan inovasi tanpa henti. Bisnis yang besar dimulai dari yang kecil. Bisnis yang sukses dan kuat karena sebuah proses," kata Caleg DPRD Jatim Dapil Surabaya dari PDI Perjuangan itu.

Kreativitas, kejelian melihat permintaan pasar akan membawa peluang untuk menjadikan ladang membuka usaha berbisnis hantaran pernikahan.

Caleg PDIP Agatha Retnosari memberikan pelatihan pembuatan hantaran pernikahan sebagai ladang usaha bagi mak-mak di Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News