Mas Andi Ajak Santri PPTQ Sunan Ampel Teladani 4 Sifat Nabi Muhammad Berwirausaha

Rabu, 02 November 2022 – 20:35 WIB
Mas Andi Ajak Santri PPTQ Sunan Ampel Teladani 4 Sifat Nabi Muhammad Berwirausaha - JPNN.com Jatim
Mas Andi saat memberikan tauziah mengenai sifat Nabi Muhammad dalam berwirausaha. Foto: Dok. Kadin Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Kamar Dagang dan Industri Surabaya Ali Affandi LaNyalla mengajak para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Sunan Ampel untuk meneladani ajaran Nabi Muhammad SAW.

Pria yang akrab disapa Mas Andi itu menjelaskan Nabi Muhammad sudah mulai berbisnis sejak berusia 12 tahun dengan magang kepada pamannya berdagang ke negeri Syam.

"Pada usia 25 tahun beliau sudah menjadi konglomerat sukses dan sering melakukan perjalanan bisnis. Baru pada usia 40 tahun menjadi nabi dan rasul," kata Mas Andi, Rabu (2/11).

Untuk itu, dia mendukung para santri dan santriwati menjadi pengusaha. Namun, juga mengingatkan agar sesuai dengan empat sifat karakter Nabi Muhammad SAW yang sukses dalam berdakwah dan berbisnis.

"Keempat Sifat Rasulullah itu yakni Fathonah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh atau kalau disingkat adalah FAST," jelasnya.

Dia menjelaskan Fathonah atau cerdas, yaitu pengusaha harus pintar dan kreatif sehingga bisa bermanfaat dan mengangkat derajat orang lain.

Amanah adalah bisa dipercaya. Komitmen apa pun dengan mitra kerja, termasuk utang piutang harus bisa dipertanggungjawabkan.

Shiddiq, harus bertindak benar dan jujur pada diri sendiri dan orang lain. Kemudian Tabligh, pengusaha harus menyampaikan apa adanya atau dan menjadi marketing yang unggul.

Ketua Kadin Surabaya Mas Andi mengajak santri di PPTQ Sunan Ampel meneladani empat sifat Nabi Muhammad dalam berwirausaha.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia