Cerita Ika Damajanti Berjuang Melawan Kanker Payudara

Selasa, 01 November 2022 – 22:59 WIB
Cerita Ika Damajanti Berjuang Melawan Kanker Payudara - JPNN.com Jatim
Ika Damajanti (kedua dari kiri) Breast Cancer Survivor saat menghadiri peringatan Pink October Campaign Breast Cancer Awareness, acara Love Your Breast yang digelar oleh National Hospital Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ika Damajanti (51) sempat tak percaya dirinya divonis mengidap kanker payudara pada Oktober 2000, tepatnya saat berusia 28 tahun.

Kejadian menyeramkan itu berawal saat adanya benjolan kecil pada payudaranya. Saat itu, Ika tak begitu menghiraukan.

“Ketika merasakan ada benjolan pada payudara saya cuek lantaran tidak ada rasa sakit yang timbul sehingga tidak memeriksakan hal itu ke dokter,” katanya.

Waktu terus berlalu. Benjolan yang semula kecil tiba-tiba bertambah besar dan disertai rasa sakit. Mengetahui hal tersebut, Ika bergegas untuk pergi ke dokter.

“Saat menjalani pemeriksaan mamografi, biopsi di rumah sakit. Saya masih berpikir positif, tidak mungkin terkena kanker payudara,” ujarnya.

Setelah proses pemeriksaan selesai, dokter mengumumkan bahwa Ika positif terkena kanker payudara.

"Saya butuh waktu lima hari untuk menerima kenyataan terkena kanker payudara,” katanya.

Kesedihan yang berlarut-larut tentu tidak akan membuat Ika sembuh. Dia harus berjuang melawan kanker payudara tersebut.

‘Ketika merasakan ada benjolan pada payudara saya cuek lantaran tidak ada rasa sakit,’ kata Ika, pengidap kanker payudara.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News