KKP Gandeng Kereta Api Logistik Distribusikan Hasil Perikanan

Rabu, 12 Oktober 2022 – 20:53 WIB
KKP Gandeng Kereta Api Logistik Distribusikan Hasil Perikanan - JPNN.com Jatim
Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar melepas keberangkatan pengiriman hasil perikanan dari Stasiun Kalimas, Surabaya, Rabu (12/10). Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan perjanjian kerja sama dengan PT Kereta Api Logistik dalam pendistribusian hasil perikanan.

Nantinya hasil perikanan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan dikirimkan ke berbagai stasiun yang dilintasi hingga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar mengatakan hasil perikanan mudah rusak dan turun mutunya jika tidak ditangani dengan baik.

Oleh karena itu, dalam proses pengirimannya membutuhkan kinerja logistik dan sistem rantai dingin yang handal.

“KKP mempercayakannya kepada PT Kereta Api Logistik untuk mengirimkan hasil perikanan tersebut,” kata Antam di Stasiun Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (12/10).

Sepanjang 2021, KKP mencatat lalu lintas hasil perikanan dari wilayah Indonesia Timur menggunakan kapal laut masuk melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mencapai 109,46 ribu ton.

Antam memerinci 78,58 ribu ton di antaranya untuk konsumsi. Adapun komoditas utama berupa ikan layang, udang, tuna, dan ikan lainnya.

“Sisanya 30,88 ribu ton untuk non-konsumsi dengan komoditas utama rumput laut dan kulit kerang mutiara,” jelasnya.

Kementerian KKP menjalin kerja sama dalam pengiriman hasil perikanan menggunakan jalur kereta api logistik.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News