400 Butir Telur Penyu Hasil Sitaan Bakal Ditetaskan dan Dirilis di Pantai Bajulmati

Selasa, 20 September 2022 – 08:05 WIB
400 Butir Telur Penyu Hasil Sitaan Bakal Ditetaskan dan Dirilis di Pantai Bajulmati - JPNN.com Jatim
Sutari, pelestari penyu di Pantai Bajol Mati Malang Selatan yanh dititipkan 400 butir telur untuk dirilis ketika menetas dari BKSDA Jatim pada Sabtu, (17/9). Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Penyu salah satu hewan reptil yang keberlangsungan hidupnya cukup sulit. Populasinya setiap tahun mengalami penyusutan.

Karena itu, pihak pemerintah seluruh dunia melarang perburuan penyu.

Hewan tersebut biasa berkembang biak di wilayah tropis seperti Indonesia sehingga cukup banyak spot garis pantai yang setiap tahun datang untuk bertelur.

Di Malang ada Pantai Bajulmati yang setiap tahunya merilis atau melepasliarkan kembali para bayi penyu yang baru menetas.

Tak hanya itu, hasil sitaan dari penyelundupan atau penjualan gelap sebanyak 400 butir dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jatim diserahkan ke penangkaran untuk dilepas kembali

Sutari, pelestari penyu di Pantai Bajulmati Kabupaten Malang mengatakan hampir ribuan ekor anak penyu dilepas ke laut. Namun, untuk tahun 2022 penangkarannya melakukan pengurangan pelepasan penyu.

"Di penangkaran penyu di sini (Pantai Bajulmati) tinggal telur 400 butir yang akan ditetaskan dan dilepas nantinya," kata Sutari baru-baru ini.

Pandemi Covid-19 membuat pihaknya tidak menyelenggarakan pelepasan penyu secara ramai dan sepi pengunjung. Selama setahun banyak penyu menetas secara alami.

Sebanyak 400 Butir Telor Penyu Hasil Sitaan Bakal Dinetaskan dan Dirilis di Pantai Bajol Mati Malang
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News