Gubernur Khofifah Beber Pentingnya Satu Data dalam Perumusan Kebijakan

Senin, 26 September 2022 – 19:36 WIB
Gubernur Khofifah Beber Pentingnya Satu Data dalam Perumusan Kebijakan - JPNN.com Jatim
Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan pentingnya satu data dalam perumusan kebijakan. Foto: Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Satu data dan big data menjadi hal yang penting dalam proses perumusan dan pengambilan kebijakan di Jawa Timur.

Itulah yang diingatkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2022 di Kebun Mangrove, Rungkut, Surabaya, Senin (26/9).

"Satu data ini akan menjadi bagian dari penguatan percepatan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas dari berbagai proses pengambilan kebijakan pembangunan di Jatim," katanya.

Dia mengutarakan dengan penerapan hal itu, seluruh layanan yang ada di lingkup Pemprov Jatim akan makin terintegrasi.

Dia mengatakan dengan adanya satu data, data yang diambil dapat lebih akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jadi, pengambilan kebijakan, terutama dalam program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, lebih tepat sasaran.

Lagi pula, saat ini, pemerintah sedang menyalurkan berbagai program perlindungan sosial dampak inflasi dan kenaikan harga BBM.

"Sehingga dengan adanya satu data yang akurat ini dapat mencegah pemberian bantuan agar tidak salah sasaran," ujar Khofifah.

Satu data menjadi salah satu variabel yang patut diperhitungkan dalam merumuskan kebijakan yang tepat sasaran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News