Harga Tomat Terjun Bebas, DPRD Jember Kebagian Panen Gratis, Hemmm

Senin, 19 September 2022 – 15:56 WIB
Harga Tomat Terjun Bebas, DPRD Jember Kebagian Panen Gratis, Hemmm - JPNN.com Jatim
Ketua HKTI Jember Jumantoro membagikan tomat gratis di DPRD Jember, Senin (19/9/2022) akibat anjloknya harga tomat di Jember. (ANTARA/HO-HKTI Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Petani membagikan sekeranjang tomat gratis kepada anggota DPRD Jember dan staf sekretariat dewan setempat menyusul harga komoditas itu anjlok beberapa pekan terakhir.

Aksi itu dilakukan oleh Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Jember Jumantoro, Senin (19/9).

"Saya membagikan tomat gratis di DPRD agar wakil rakyat bisa menyampaikan aspirasi petani yang makin terpuruk kepada pemerintah," katanya.

Menurutnya, harga tomat di tingkat petani saat ini berkisar Rp500 hingga Rp1.000 per kg sehingga mereka merugi.

Harga jual panen yang sangat rendah membuat para petani tidak mampu menutup biaya produksi yang tidak bisa ditekan.

"Sebenarnya petani tidak berharap mendapatkan untung banyak untuk komoditas tomat, tetapi dengan harga jual seperti itu maka mereka menjadi buntung dan sangat merugi," tuturnya.

Dia berharap pemerintah pusat, provinsi, hingga daerah memberikan solusi hingga kebijakan yang berpihak kepada petani di tengah kenaikan harga BBM dan pencabutan subsidi beberapa jenis pupuk.

"Kami berharap pemerintah peduli dengan nasib petani dan anggota dewan juga peka terhadap kondisi sektor pertanian di Jember dan bisa membela petani," ucapnya.

Petani Jember mempersoalkan anjloknya harga tomat yang bahkan sampai di bawah dari setengah harga sebelumnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News