Fakta Mencengangkan Kandungan Air Sungai Kalisari Damen Surabaya yang Berbusa, Ternyata

Selasa, 30 Agustus 2022 – 09:34 WIB
Fakta Mencengangkan Kandungan Air Sungai Kalisari Damen Surabaya yang Berbusa, Ternyata - JPNN.com Jatim
Busa yang menutupi Sungai Kalisari Damen Surabaya awal Agustus lalu. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sungai Kalisari Damen, Surabaya beberapa waktu lalu muncul busa yang diduga berasal dari limbah rumah tangga.

Ada fakta mencengangkan dari hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Ecoton.

Air sungai mengandung surfaktan atau senyawa yang salah satunya ada di dalam produk deterjen.

Direktur Ecoton Daru Setyorini mengatakan limbah deterjen sering dianggap tidak berbahaya pada lingkungan karena sifatnya yang dapat terurai. Selain itu, konsentrasi pencemarannya juga disebut rendah.

Namun, di dalam limbah deterjen yang terdapat surfaktan memiliki konsentrasi pencemaran sangat tinggi pada lingkungan, bahkan sulit terurai di perairan yang memiliki kadar oksigen rendah.

"Anggapan bahwa limbah deterjen tidak berbahaya adalah keliru karena daya racun surfaktan telah dibuktikan pada mikroba, tumbuhan, dan hewan," kata Daru, Senin (29/8).

Untuk mencegah terjadinya kejadian serupa, Daru meminta pemerintah melakukan pembatasan pada penggunaan deterjen rumah tangga maupun industri dibatasi.

Hal tersebut untuk meminimalisir pencemaran surfaktan di lingkungan sungai. Di sisi lain, produsen deterjen juga harus melakukan inovasi pengembangan produk ramah lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan yang aman.

Ecoton menemukan fakta mencengangkan dari hasil uji air Sungai Kalisari Damen, Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News