Busa di Sungai Kalisari Damen Dipastikan Bukan Karena Limbah Industri, Lalu Apa?

Senin, 29 Agustus 2022 – 13:15 WIB
Busa di Sungai Kalisari Damen Dipastikan Bukan Karena Limbah Industri, Lalu Apa? - JPNN.com Jatim
Busa yang menutupi Sungai Kalisari Damen Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya telah mengeluarkan hasil uji laboratorium air Sungai Kalisari Damen yang sempat viral lantaran permukaannya tertutupi banyak busa beberapa waktu lalu.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan berdasarkan hasil uji lab, penyebab berbusanya Sungai Kalisari Damen dipastikan bukan karena limbah industri.

"Di sekitar wilayah Sungai Kalisari Damen, tidak ada keberadaan kawasan perindustrian. Jadi, penyebabnya faktor limbah rumah tangga," ucap Hebi, Senin (29/8).

Hebi juga memerinci limbah rumah tangga yang dimaksud dalam kejadian itu berasal dari usaha kecil sehingga alirannya langsung masuk ke sungai.

"Di dalam sampel air, kami ambil lalu dilakukan pengujian ada kandungan salah satunya pada produk bahan detergen, yakni surfaktan," kata mantan Dirut PDAM Surabaya itu.

Menurutnya, dengan kondisi sekitar sungai yang memiliki pompa besar, otomatis bahan detergen itu ikut teraduk dan mengeluarkan banyak buih.

"Terkait antisipasi, kami sudah berkoordinasi dengan salah satu perguruan tinggi di Surabaya guna membuat skema pengelolaan limbah skala rumah tangga," ujarnya.

Tujuannya, supaya aliran sungai tidak ada kandungan surfaktan sama sekali. Selain itu, DLH melibatkan OPD terkait untuk membuat instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) komunal.

Begini hasil uji laboratorium air Sungai Kalisari Damen yang sebelumnya sempat viral lantaran tertutupi banyak busa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News