3 Hiu Tutul Mati Terdampar di Pesisir Pantai Jember dan Lumajang

Selasa, 30 Agustus 2022 – 04:00 WIB
3 Hiu Tutul Mati Terdampar di Pesisir Pantai Jember dan Lumajang - JPNN.com Jatim
Bangkai hiu tutul dikubur dengan menggunakan alat berat di Pantai Nyamplong Kobong di Desa Kepanjeng, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Senin (29/8/2022). ANTARA/HO-Satpolair Jember.

jatim.jpnn.com, JEMBER - Dalam dua hari terakhir tiga ikan hiu tutul (Rhincodon Typus) dilaporkan mati terdampar di pesisir selatan Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang

Kabar tersebut dikonfirmasi Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jember Purwantoro.

"Memang benar ada tiga hiu tutul terdampar di lokasi yang berbeda dan semuanya dalam kondisi mati pada Minggu dan Senin ini," kata Purwantono.

Pada Minggu (28/9) terdapat dua hiu tutul dalam kondisi mati terdampar di Pantai Cangakan Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dan pantai Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Selanjutnya, pada Senin (29/8) ditemukan seekor hiu tutul mati terdampar di Pantai Nyamplong Kobong, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember.

"Bangkai hiu tutul tersebut harus dikubur, tetapi petugas di lapangan kesulitan karena bobot ikan lebih dari satu ton dan bangkainya belum benar-benar ke tepi pantai," tuturnya.

Pihaknya masih belum mengetahui penyebab terdamparnya sejumlah hiu tutul di pesisir selatan Kabupaten Jember dan Lumajang.

Kepala Satpolair Polres Jember AKP M Na'i mengatakan hiu tutul dalam kondisi mati terdampar di Pantai Cangakan memiliki panjang delapan meter dengan bobot 1,5 ton.

Sebanyak tiga hiu tutul dilaporkan mati terdampar di pesisir Pantai Cangakan Jember dan Pantai Nyamplong Kobong Lumajang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News