Kata Pakar UB Soal Pengaruh Kasus Irjen Ferdy Sambo terhadap Citra Polri, Menohok!

Rabu, 17 Agustus 2022 – 20:03 WIB
Kata Pakar UB Soal Pengaruh Kasus Irjen Ferdy Sambo terhadap Citra Polri, Menohok! - JPNN.com Jatim
Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, MALANG - Dosen Jurusan Komunikasi Universitas Brawijaya (UB) Malang Rachmat Kriyantono menilai citra Polri tidak terpengaruh kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo.

"Polri salah satu lembaga negara yang sudah lama bercitra kurang baik,” ucapnya.

Menurut pria yang akrab disapa Cak RK itu, citra negatif Polri sudah menjadi folklor yang berarti sudah terkonstruksi di benak publik.

"Ada ungkapan satire di masyarakat misal kehilangan ayam jika melapor polisi bisa kehilangan sapi,” ujarnya.

Ketua Departemen Ilmu Komunikasi UB itu juga menyatakan survei litbang Kompas menunjukkan citra positif Polri cenderung menurun.

Parahnya lagi, hasil survei pada Juni 2022 menunjukkan angka terendah dalam rentang lebih dari setahun sebesar 65.7 persen.

Dia juga menyatakan kasus pembunuhan menimpa Brigadir Joshua yang diduga terencana oleh seorang jenderal bintang dua itu membuat pola pikir kesadaran citra negatif Polri hidup kembali dalam masyarakat.

“Jadi, kasus itu bukan yang membuat citra Polri negatif karena sampai kini citra negatif sangat melekat,” tuturnya. (mcr26/jpnn)

Pakar UB Malang angkat bicara soal pengaruh kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo terhadap citra Polri

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News