Haul Dua Tokoh Ternama, PWNU Jatim Akan Gelar Seminar Antikorupsi

Rabu, 10 Agustus 2022 – 22:08 WIB
Haul Dua Tokoh Ternama, PWNU Jatim Akan Gelar Seminar Antikorupsi - JPNN.com Jatim
PWNU Jatim akan menggelar seminar anti korupsi dalam memperingati haul Gus Dur dan Gus Im besok, Kamis (11/8). Foto: Humas PWNU Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan memperingati Haul ke-12 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sekaligus ke-2 KH Hasyim Wahid (Gus Im), Kamis (11/8) besok.

Kegiatan itu dikemas dalam bentuk seminar antikorupsi yang bakal berlangsung di Ballroom Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari PWNU Jawa Timur.

Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Jawa Timur Listyo Santoso mengatakan acara itu bertujuan untuk meneladani kehidupan dua gus tersebut yang penuh dengan kesederhanaan, kejujuran, dan integritas.

“Gus Dur dan Gus Im adalah cicit dari ulama besar Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, bahkan populer dalam lingkup nasional, tetapi hidupnya sederhana,” kata Listyo, Rabu (10/8).

Dia juga menyampaikan tema yang diangkat pada acara itu berkaitan dengan antikorupsi karena dua Gus itu merupakan sosok yang bersih.

Gus Dur, yang dahulu diturunkan dari jabatan Presiden RI, dengan stigma terlibat penyelewengan dana Bulog, bahkan tidak pernah terbukti di pengadilan.

“Kehidupan yang begitu sederhana itu tidak mencerminkan haus akan jabatan dan harta. Gerakan NU ke depan sebagai gerakan sipil harus punya komitmen betul kepada antikorupsi,” tuturnya.

Menurutnya, hal tersebut menjadi gerakan awal PWNU Jawa Timur bahwa NU sebagai gerakan sipil harus menjadi garda terdepan untuk membangun masyarakat antikorupsi.

PWNU Jatim menggelar seminar anti korupsi untuk memperingati haul Gus Dur dan Gus Im

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News