Seknas Jokowi Bawa 5 Isu Penting dalam FGD di Jember

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 17:10 WIB
Seknas Jokowi Bawa 5 Isu Penting dalam FGD di Jember - JPNN.com Jatim
Seknas Jokowi membawa lima isu penting dalam FGD di Jember mengawal penyusunan RPJP. Foto: Dok. Pribadi Beny untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, JEMBER - Seknas Jokowi menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Universitas PGRI Argopuro Jember, Sabtu (6/8).

FGD tersebut membahas tentang kedaulatan pangan, geopolitik global, hingga tata kelola pemerintahan.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Seknas Jokowi, Sapto Raharjanto mengatakan selain tiga poin tersebut, masalah kebudayaan dan energi juga menjadi pembahasan.

“Ada lima poin pilar yang dibahas dalam FGD. Ini merupakan inisiatif dari masyarakat, sebagai proses pengawalan penyusunan rumusan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2025-2045," kata Sapto tertulis.

Hajatan yang bertajuk Agenda 45 Jalan Kesejahteraan itu akan dilaksanakan di 12 provinsi Indonesia mempresentasikan kawasan bagian barat, timur, dan tengah.

Sapto menjelaskan selama ini penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) selalu diinisiasi pemerintah dan DPR. Seknas Jokowi sebagai organisasi sipil berinisiatif memberi masukan bagi RPJP 2025-2045.

“Ini sebagai ikhtiar mengakomodasi aspirasi masyarakat. Terlebih ruang bagi kontribusi warga dijamin konstitusi dan sesuai dengan prinsip demokrasi,” ujarnya.

Sapto menambahkan FGD tersebut bakal memiliki kelanjutan di beberapa daerah, seperti Surabaya dan Malang.

Seknas Jokowi membawa lima isu penting dalam FGD di Jember untuk mengawal penyusunan RPJP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News