Cegah Pencemaran Sungai, Pemkot Surabaya Berencana Perbanyak IPAL Komunal

Rabu, 03 Agustus 2022 – 11:35 WIB
Cegah Pencemaran Sungai, Pemkot Surabaya Berencana Perbanyak IPAL Komunal    - JPNN.com Jatim
Fenomena munculnya busa di Sungai Kalidami Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya bakal memperbanyak instalasi air pengelolaan (IPAL) komunal untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya pencemaran air di sungai.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menilai hal itu sebagai salah satu cara mengatasi munculnya busa atau bui yang terjadi di sungai kawasan Jalan Kalisari Damen, Kelurahan Kalisari, Mulyorejo, Selasa (2/8).

“IPAL komunal berfungsi untuk menghentikan polutan yang ada di rumah tangga, seperti air bekas mandi, mencuci baju, WC, dan sejenisnya,” kata Eri

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menambahkan penyebab munculnya busa di sungai tersebut akibat turbulensi atau pengadukan dari proses pemompaan pada jam-jam tertentu.

“Busa tersebut berasal dari limbah cair kegiatan dari rumah tangga yang langsung dibuang ke sungai. Antara lain, minyak goreng, lemak, air bekas cucian baju, cucian dapur, dan sebagainya,” kata Hebi.

Menurutnya, jika turbulensi tersebut berhenti maka tidak akan menyebabkan bui atau busa di sungai.

"Ini karena proses pemompaan saja maka IPAL komunal itu sebagai solusi untuk sanitasi atau pengolahan air limbah,” ujar dia.

Hebi menjelaskan pada saat musim kemarau debit air yang sedikit menyebabkan polutan tersebut berkonsentrasi besar di sungai.

Pemkot Surabaya bakal memperbanyak IPAL komunal untuk mencegah terjadinya pencemaran sungai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News