Tagana Jember Punya Obat Alami Mengatasi Ternak Terjangkiti PMK, Caranya Simpel

Rabu, 27 Juli 2022 – 13:08 WIB
Tagana Jember Punya Obat Alami Mengatasi Ternak Terjangkiti PMK, Caranya Simpel - JPNN.com Jatim
Tagana bersama relawan, TNI-Polri memberikan obat alami yang memanfaatkan asap cair batok kelapa dicampur laos untuk mengobati ternak yang terkena PMK di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Selasa (26/7/2022). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Jember bersama sukarelawan dan TNI-Polri memiliki cara unik mengobati ternak yang terjangkiti penyakit mulut dan kuku (PMK).

Koordinator Pengobatan PMK Tagana Jember Nur Cholis mengatakan pengobatan tersebut dinamai biodin spray.

“Kami menggunakan obat alami berasal dari asap cair batok kelapa dicampur bumbu rempah laos untuk mengobati hewan yang terpapar PMK,” kata Cholis, Selasa (26/7).

Dia menjelaskan bahan tersebut merupakan hasil penyulingan dari pembakaran batok kelapa yang berfungsi sebagai obat luka pada ternak untuk membunuh kuman dan virus.

"Obat alami itu buatan pemuda asal Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Setelah diberikan ke ternak, dalam hitungan menit sudah mau makan kembali," tuturnya.

Pihak Tagana bersama sukarelawan sudah melakukan penyemprotan desinfektan dan pemberian obat biodin spray di Desa/Kecamatan Silo dan rencananya akan dilakukan secara bertahap di kecamatan lain.

"Relawan Tagana memberikan layanan dukungan psikososial saat wabah PMK. Bahkan, kami juga melakukan edukasi dan mitigasi kepada warga yang memiliki ternak agar mengantisipasi terkenanya PMK," katanya.

Jumlah ternak yang terpapar PMK di Kabupaten Jember sampai saat ini mencapai 12 ribu ekor lebih. Oleh karena itu, pijak Tagana gencar membantu masyarakat mengobati hewannya.

Tagana di Jember menemukan obat alami untuk mengobati ternak yang terjangkiti PMK agar mau makan kembali menggunakan asap cair batok kelapa.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News