Kloter 1 Tiba di Surabaya, Seluruh Jemaah Haji Dites Covid-19

Minggu, 17 Juli 2022 – 11:42 WIB
Kloter 1 Tiba di Surabaya, Seluruh Jemaah Haji Dites Covid-19 - JPNN.com Jatim
Jemaah haji kloter 1 asal Tuban telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jemaah haji asal Tuban yang berjumlah 446 orang telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes), Minggu (16/7).

Bus yang membawa jemaah haji kloter satu itu tiba di Ahes sekitar pukul 07.30 WIB. Sebelum masuk, seluruh bus disemprot dengan desinfektan.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Jatim Abdul Haris menuturkan seluruh jemaah haji yang baru saja tiba di Asrama Haji Surabaya bakal menjalani tes pemeriksaan Covid-19/

“Swab PCR dikhususkan bagi jemaah yang memiliki gejala Covid-19 atau yang suhu badannya di atas 37,5 derajat,” kata Haris saat ditemui.

Bagi jemaah yang tidak memiliki gejala apa pun atau kondisi suhu tubuh normal, bakal menjalani tes cepat antigen.

“Kami sudah berkomunikasi dan berkomitmen dengan stakeholder ditambah lagi instruksi Bu Gubernur bahwa penanganan kedatangan jemaah haji harus disiplin mengingat masih pandemi Covid-19 agar tidak muncul klaster haji,” ujar Haris.

Haris menjelaskan setelah jemaah tiba, pengecekan dilakukan lewat thermal scanner. Hal itu untuk dilakukan pemetaan bagi jemaah yang sakit dan sehat.

“Setelah dinyatakan tidak ada gejala, paspor masing-masing jemaah akan dikembalikan dan mendapatkan konsumsi,” tuturnya.

Cegah klaster haji, seluruh jemaah yang masuk ke Ahes bakal dilakukan pemeriksaan Covid-19.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News