Pasar Hewan PD Joyoboyo Kota Kediri Sudah Dibuka, Peternak Perhatikan Baik-baik

Rabu, 06 Juli 2022 – 17:21 WIB
Pasar Hewan PD Joyoboyo Kota Kediri Sudah Dibuka, Peternak Perhatikan Baik-baik - JPNN.com Jatim
Personel Polres Kediri dan DKPP setempat mengecek ternak yang masuk ke Pasar Hewan PD Joyoboyo. Foto: Humas Polda Jatim.

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pasar Hewan PD Joyoboyo Kota Kediri telah dibuka sejak Selasa (5/7). Aparat kepolisian bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat melakukan pengawasan ternak yang keluar masuk.

Kabag Ops Polres Kediri Kota Kompol Abraham Sissik mengatakan pengecekan kesehatan ternak dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK)

"Kami menerjunkan personel kepolisian membantu petugas DKPP selama rangkaian proses pengecekan ternak di Pasar Hewan PD Joyoboyo Kota Kediri," kata Abraham.

Sebelum ternak masuk ke pasar dilakukan skrining pemeriksaan untuk memastikan hewan sehat dan dilakukan penyemprotan desinfektan.

"Tak hanya aspek keamanan, personel Polres Kediri Kota juga membantu sosialisasi dan edukasi kepada para penjual, pembeli maupun masyarakat yang memiliki ternak agar melaporkan pada petugas DKPP bila terjangkit PMK," ujarnya.

Selain itu, polisi juga melaksanakan penyekatan mobilitas lalu lintas hewan.

Kapolres Kediri Kota AKP Wahyudi menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait penolakan pengiriman ternak masuk apabila tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan.

"Sudah kami tempatkan personel gabungan untuk melakukan pemeriksaan di pos cek poin PMK perbatasan masuk Kota Semampir dan Gor Joyoboyo Kota Kediri," jelasnya.

Aparat kepolisian mengecek ternak yang masuk ke Pasar Hewan PD Joyoboyo mencegah penularan PMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News