Sampai Medio 2022, Surabaya Perbaiki 419 Rumah Lewat Program Rutilahu

Jumat, 01 Juli 2022 – 20:36 WIB
Sampai Medio 2022, Surabaya Perbaiki 419 Rumah Lewat Program Rutilahu - JPNN.com Jatim
Kepala DPRKPP Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya menargetkan program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) menjangkau 800 rumah setiap tahunnya.

Kepala DPRKPP Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat menuturkan hingga Juni 2022, pihaknya telah menyasar 419 rumah yang mengikuti program Perbaikan Rutilahu.

"Kami laksanakan menyangkut target rutilahu," kata Irvan, Jumat (1/7).

Irvan mengatakan program Perbaikan Rutilahu sangat diminati banyak masyarakat. Tercatat, sebanyak 4.429 rumah sudah mengajukan untuk mengikuti program tersebut.

Meski demikian, ribuan usulan tersebut harus terlebih dahulu diverifikasi oleh tim guna menentukan kelayakan pengerjaan program.

“Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan program rutilahu. Salah satunya, masuk kategori MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan belum sama sekali tersentuh Rutilahu,” ujar Irvan.

Kedua, Program Perbaikan Rutilahu bisa dilakukan pada rumah atau lahan yang kepemilikannya secara fisik dikuasai oleh penerima manfaat dan jelas batas-batasnya.

“Kondisi rumah yang berhak mendapatkan program rutilahu di antaranya dinding atau atap dalam kondisi rusak maupun lapuk yang berpotensi mengancam keselamatan penghuni,” ucapnya.

Sebanyak 419 rumah di Surabaya sudah disasar program Perbaikan Rutilahu. Simak selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News