Intip Program Dandan Omah Rutilahu di Surabaya, Ada Perputaran Besar Ekonomi

Jumat, 01 April 2022 – 04:58 WIB
Intip Program Dandan Omah Rutilahu di Surabaya, Ada Perputaran Besar Ekonomi - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meluncukan program Dandan Omah rutilahu. Foto: Diskominfo Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Program "Dandan Omah" Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kota Surabaya bisa disebut berbeda dengan daerah lain.

Pasalnya, program padat karya itu melibatkan kelompok teknis perbaikan rumah (KTPR) atau pekerja yang berasal dari warga sekitar.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerangkan setiap satu unit rumah yang dibedah itu melibatkan empat warga dengan estimasi pekerjaan selama 20 hari.

Jadi, program Dandan Omah Rutilahu 2022 menyerap sebanyak 3.200 tenaga kerja warga Surabaya.

“Kebutuhan bahan bangunan untuk setiap satu unit rumah juga diprioritaskan berbelanja di toko galangan sekitar,” ujar Eri, Kamis (31/3).

Eri mengatakan tiap unit rumah, pemkot menganggarkan sebesar Rp 35 juta. Adapun total sasarannya ada 800 titik yang tersebar di 154 kelurahan.

“Maka perputaran ekonomi kerakyatan dalam program ini di tahun 2022 mencapai Rp 28 miliar,” katanya, Kamis (31/3).

Salah satu warga penerima manfaat program Dandan Omah Rutilahu 2022, Anah Janah (60) bersyukur rumahnya mulai diperbaiki.

"Saya berterima kasih kepada Pak Eri. Alhamdulillah, saya dikasih rezeki sama Allah melalui Pak Eri. Semoga Pak Eri dikasih seger waras sehat, panjang umur, barokah lancar semuanya," kata Anah.

Yuk, simak konsep Program Dandan Omah Rutilahu yang digagas Pemerintah Kota Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News