Lepas Calon Haji Kloter 25 Embarkasi Surabaya, Ini Pesan Wagub NTT

Selasa, 21 Juni 2022 – 20:17 WIB
Lepas Calon Haji Kloter 25 Embarkasi Surabaya, Ini Pesan Wagub NTT - JPNN.com Jatim
Jemaah calon haji kloter 25 asal NTT dan Sidoarjo. Foto: PPIH Embarkasi Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi bersama forkopimdanya melepas 350 calon haji mereka yang berangkat melalui Embarkasi Surabaya, Selasa (21/6).

Ratusan calon haji asal NTT itu bergabung dengan jemaah Kabupaten Sidoarjo di kloter 25.

Dalam sambutannya, Josef mengatakan perjalanan ibadah haji ke Baitullah merupakan perjalanan ritual. Agar ibadah haji menjadi mabrur, jemaah hendaknya menghindari rafas, fusuk, dan jidal

“Hal tersebut telah disebutkan dalam Al-Qur’an. Maka dari itu, kiranya calon haji untuk menghindari perbuatan-perbuatan tersebut,” kata Josef.

Wagub NTT itu menjelaskan rafas merupakan perbuatan berhubungan layaknya suami istri, lalu fusuk adalah berbuat fasik atau maksiat atau mencaci, dan jidal, yakni berbantahan atau berdebat yang dapat membuat orang marah.

Dia pun berharap seluruh jemaah bisa menjadi haji mabrur agar bisa meraih surga-Nya.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan kloter 25 diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda Terminal 2 Surabaya menuju Bandara Internasional Jeddah pada pukul 11.45 WIB.

“Hingga hari ke-19 operasional penyelenggaraan ibadah haji Embarkasi Surabaya, PPIH telah memberangkatkan 11.188 calon haji dan petugas ke Arab Saudi,” kata Haris.

Wagub NTT melepas calon haji kloter 25 melalui Embarkasi Surabaya. Pesannya penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News