Misteri Selo Petak, Makam Keramat yang Diyakini Pusara Pangeran Batuputih

Sabtu, 18 Juni 2022 – 16:45 WIB
Misteri Selo Petak, Makam Keramat yang Diyakini Pusara Pangeran Batuputih - JPNN.com Jatim
Pusara atau makam yang diyakini oleh warga setempat sebagai kuburan dari Pangeran Batu Putih. Foto: Laman Pemkab Sumenep.

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Makam di kawasan Paberasan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep konon memiliki jejak sejarah seorang pangeran.

Menurut keyakinan warga setempat, makam tersebut merupakan pusara dari Pangeran Batuputih

Salah seorang warga Paberasan bernama K Basir mengatakan pangeran tersebut merupakan seorang pahlawan Sumenep yang gugur saat mempertahankan wilayah Madura Timur dari serangan pasukan Bali pada abad 16 Masehi.

"Sudah sejak lama, dikenalnya sebagai makam Pangeran Topote atau Pangeran Batuputih," kata Basir dikutip dari laman Pemkab Sumenep, Sabtu (18/6).

Misteri Selo Petak, Makam Keramat yang Diyakini Pusara Pangeran Batuputih

Makam tersebut memiliki cungkup atau bangunan beratap. Tampak model bangunan maupun kijing makam sudah bergaya masa kini.

Kijingnya sudah dibuat keramik, di sisi kanan dan kiri cankgup terdapat dua pohon besar berjenis nangger dan beringin. Untuk pohon Nangger diperkirakan usianya sudah ratusan tahun.

Makam Pangeran Batuputih di hari-hari tertentu dikunjungi peziarah dari beberapa kalangan, baik masyarakat biasa, kiai, dan sesepuh bangsawan di Sumenep.

Makam di kawasan Paberasan diyakini warga setempat sebagai pusara dari Pangeran Batuputih, simak lengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News