Suhu Saudi Arabia Tembus 50 Derajat Celsius, Begini Imbauan Kemenag Surabaya

Selasa, 31 Mei 2022 – 20:15 WIB
Suhu Saudi Arabia Tembus 50 Derajat Celsius, Begini Imbauan Kemenag Surabaya - JPNN.com Jatim
Pelaksanaan manasik haji di Asrama Haji Embarkasih Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Keberangkatan haji gelombang pertama akan dilaksanakan pada 4 Juni 2022.

Salah satu hal yang wajib diwaspadai ialah adanya perbedaan suhu antara Indonesia dengan Saudi Arabia.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya Pardi mengungkapkan suhu di Saudi Arabia di atas 50 derajat celsius.

“Kami selalu sampaikan kepada jemaah haji harus menjaga kesehatan, jangan sampai kulitnya tersengat secara berlebihan dan menimbulkan dampak yang berbahaya," katanya saat dihubungi via telepon, Selasa (31/5).

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, jemaah haji disarankan rutin minum air putih setiap 10 -15 menit sekali.

“Rutin minum air, jangan menunggu sampai haus. Segeralah minum dalam satu jam atau setiap 10-15 menit. Minum sekadarnya, asal rutin mencegah terjadinya dehidrasi,” kata Pardi.

Tak hanya itu, jemaah juga disarankan untuk sering mengelap tangan, kaki, muka dengan sapu tangan yang dibasahi supaya bisa menjaga kelembapan kulit.

Kemudian, kata dia, di tempat keramaian, para jemaah juga harus selalu menjaga barisan agar tidak terpisah dari rombongan.

Berikut imbauan Kemenag Surabaya kepada jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News