Tak Lulus Pemeriksaan Kesehatan, 4 JCH Asal Ponorogo Gagal Berangkat Haji

Kamis, 25 Januari 2024 – 11:06 WIB
Tak Lulus Pemeriksaan Kesehatan, 4 JCH Asal Ponorogo Gagal Berangkat Haji - JPNN.com Jatim
Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Marjuni di Ponorogo, Rabu (ANTARA/HO)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo mengonfirmasi adanya empat jemaah calon haji (JCH) yang masuk jadwal keberangkatan haji tahun ini tidak lulus pemeriksaan kesehatan lantaran kondisi fisiknya lemah.

"Ada empat jemaah dengan tanda kutip tidak istita'ah, mereka lansia semuanya," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo Marjuni, Rabu (24/1).

Jumlah itu, kata dia, kemungkinan bisa bertambah lantaran belum semua JCH yang masuk kuota keberangkatan tahun ini melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan.

Dari 699 orang jamaah calon haji terdaftar pemberangkatan tahun ini, baru 361 orang yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

Jumlah 699 yang masuk kuota pemberangkatan 2024 itu, 513 orang merupakan jamaah calon haji sesuai urut porsi dan prioritas lansia. Sedangkan sisanya merupakan jamaah calon haji cadangan.

"Yang sudah medical check up ada 361 jemaah per 22 Januari. Dari jumlah itu, empat orang tidak istita'ah, sisanya masih proses pemeriksaan kesehatan. Jadi, potensi yang tidak istita'ah bisa bertambah," ujarnya.

Kuota Jumlah tersebut terdiri atas 513 orang jamaah calon haji sesuai urut porsi dan prioritas lansia, sedangkan sisanya merupakan calon haji cadangan.

Dia menambahkan apabila tahapan haji tahun 2024 ini, ada perbedaan dengan penyelenggaraan haji sebelumnya. Salah satunya, persyaratan calon haji harus melakukan medical check up, baru melakukan pelunasan biaya haji.

Calon jemaah haji di Ponorogo tak bisa berangkat tak lulus pemeriksaan kesehatan lantaran kondisi fisik lemah dan sudah lansia.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News