Belasan Desa di Probolinggo Diterjang Banjir, Ya Ampun

Jumat, 27 Mei 2022 – 04:32 WIB
Belasan Desa di Probolinggo Diterjang Banjir, Ya Ampun - JPNN.com Jatim
Warga melintas di jalan desa yang tergenang banjir di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/5/2022). (ANTARA/HO-Pusdalops BPBD Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 04.30-12.10 WIB mengakibatkan air sungai meluap ke permukiman warga di Kabupaten Probolinggo pada Kamis (26/5).

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprayogi akibat hal tersebut, sebanyak 11 desa pada dua kecamatan diterjang banjir.

"Banjir genangan setinggi 50 hingga 60 sentimeter dan tanggul jebol terjadi di Dusun Buyut, Desa Gending, Kecamatan Gending dan Kecamatan Pajarakan," kata Sugeng saat dikonfirmasi.

Adapun belasan desa yang tergenang banjir itu meliputi enam desa di Kecamatan Gending, yakni Desa Gending, Jatiadi, Pesisir, Klaseman, Brumbungan Lor dan Bulang, serta lima desa di Kecamatan Pajarakan, yakni Desa Karangpranti, Karanggeger, Sukokerto, Gejugan, dan Penambangan.

"Di Desa Gending ada dua dusun yang terdampak banjir, yakni Dusun Krajan sebanyak tercatat sebanyak 140 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir genangan dan Dusun Buyut sebanyak 70 KK," bebernya.

Di Desa Bulang juga ada dua dusun yang terdampak, yakni Dusun Langai satu dan Langai dua dengan total jumlah warga yang terdampak sebanyak 60 KK. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sugeng menyebut upaya yang dilakukan yakni pusdalops berkoordinasi dengan pemerintah desa dan selanjutnya Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) menuju lokasi dan melakukan asesmen.

"Warga setempat juga membersihkan rumahnya di lingkungan masing-masing karena banjir perlahan-lahan surut. Kami akan mengagendakan kerja bakti untuk membersihkan rumah warga yang terdampak banjir pada dua kecamatan itu," ujarnya.

Sebanyak 11 desa di Probolinggo diterjang banjir akibat hujan yang mengguyur selama berjam-jam lalu membuat air sungai meluap ke permukiman warga.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News