14 Keluarga Mantan Pengikut Syiah di Sidoarjo Dipulangkan ke Sampang, Kendaraan Dikawal Polisi

Sabtu, 30 April 2022 – 14:22 WIB
14 Keluarga Mantan Pengikut Syiah di Sidoarjo Dipulangkan ke Sampang, Kendaraan Dikawal Polisi - JPNN.com Jatim
Pengungsi asal Sampang Madura menggunakan bus kembali ke kampung halaman mereka setelah kurang lebih sepuluh tahun terakhir mengungsi di Rumah Susun Jemundo, Sidoarjo. ANTARA/Indra

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Pengungsi asal Sampang dipulangkan dari Rumah Susun Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo, Jatim setelah sepuluh tahun mengungsi di lokasi tersebut. Total ada sebanyak 14 keluarga.

Para pengungsi diberangkatkan menggunakan dua bus. Sejumlah peralatan dan barang-barang mereka diangkut dengan menggunakan kendaraan bak terbuka dengan kawalan polisi.

Bupati Sampang Slamet Junaidi mengatakan pemulangan pengungsi itu dilakukan secara bertahap menyesuaikan lokasi mereka masing-masing.

"Untuk sekarang terdapat 14 keluarga yang dipulangkan dengan jumlah 54 jiwa," kata Slamet, Jumat (29/4).

Selama setahun terakhir pihaknya sudah berkomunikasi intensif dengan Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat terkait rumah pengungsi tersebut.

"Sampai saat ini masih belum ada bantuan dari pemerintah, baik itu dari provinsi maupun pusat," ujarnya.

Sebagai pemda, pihaknya tak bisa serta merta membiarkan para warganya tinggal di pengungsian. Upaya pemulangan merupakan bentuk memanusiakan manusia yang butuh perhatian dari pemerintah.

"Saya tidak bicara aqidah, tetapi bagaimana memanusiakan manusia yang butuh perhatian pemerintah," tegas dia.

Sebanyak 14 keluarga pengungsi atau mantan pengikut syiah di Rusun Jemundo, Sidoarjo dipulangkan ke Sampang menggunakan dua armada bus dikawal polisi.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News