Pengganti Jembatan Gladak Perak Dibangun, Kendaraan Ini Saja yang Boleh Melintas

Sabtu, 09 April 2022 – 10:52 WIB
Pengganti Jembatan Gladak Perak Dibangun, Kendaraan Ini Saja yang Boleh Melintas - JPNN.com Jatim
Jembatan gantung di Kecamatan Pronojiwo penghubung Kabupaten Lumajang ke Malang segera selesai. Foto: Source Humas Pemkab Lumajang for JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pascaerupsi dan banjir lahar Gunung Semeru yang pada akhir tahun 2021 membuat Jembatan Gladak Perak hancur. Sudah berbulan-bulan warga menunggu bisa mengakses jalan penghubung antara Kabupaten Lumajang dengan Malang itu.

Masyarakat kini sedikit bernapas lega karena perbaikan jembatan tersebut mulai dilakukan. Dalam waktu dekat akan rampung.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan pembangunan jembatan tersebut dalam waktu dekat bisa digunakan kembali. Dengan begitu, masyarakat bisa mengaksesnya tanpa khawatir.

"Sesuai target, direncanakan tanggal 20 April 2022 jembatan ini sudah bisa digunakan. Saat ini sedang merangkai infrastruktur gantung yang tengah," ujar Thoriq, Jumat (8/4).

Namu, jembatan itu hanya dioperasikan sementara waktu saja karena menjadi penghubung dengan wilayah lain untuk perputaran ekonomi.

Pembangunan jembatan gantung tersebut dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia karena merupakan jalan nasional yang menghubungkan dua wilayah Lumajang dan Malang.

Menurutnya, jembatan gantung hanya digunakan sebagai akses bagi kendaraan roda dua serta kendaraan darurat, seperti ambulans yang membawa pasien dalam kondisi darurat.

"Untuk kendaraan lain atau kendaraan besar tidak bisa," jelasnya. (mcr26/jpnn)

Jembatan penghubung Lumajang Malang segera selesai

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News