Puluhan Website Pemkab Trenggalek Diretas Saat Ramainya Demo Mahasiswa, Isinya Sindiran Keras

Jumat, 15 April 2022 – 04:32 WIB
Puluhan Website Pemkab Trenggalek Diretas Saat Ramainya Demo Mahasiswa, Isinya Sindiran Keras - JPNN.com Jatim
Puluhan laman daring resmi Pemkab Trenggalek diretas (HO Antara)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Puluhan laman resmi milik dinas atau lembaga, termasuk website Pemkab Trenggalek diretas hacker di tengah ramainya demo mahasiswa yang menolak wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, Rabu (13/4).

Laman yang diserang peretas sebagian telah diperbaiki. Meski begitu sistem informasi Pemkab Trenggalek sempat mengalami gangguan serius.

“Tampilan halaman depan website yang dikelola pemerintah daerah berubah dan berganti foto sekelompok remaja membawa poster bertuliskan pesan khusus,” kata Kepala Dinas Kominfo Trenggalek Edif Hayunan Siswanto, Kamis (14/4).

Edif menyebut pesan yang disampaikan peretas dalam poster kecil itu berisi tulisan ‘hanya orang gila yang menganggap negara ini baik-baik saja !!!’.

Di bawah gambar poster berisi identitas si peretas ‘Hacked by Anon7, Negeri ini sudah tergadaikan oleh pejabat bangs*t yg hanya mementingkan golongannya sendiri. #OpIndonesia #CorruptGovernmentanonganteng @protonmail.com'.

Tulisan itu terpampang dalam sejumlah alamat laman yang dikelola pemerintah setempat. Hal itu muncul beberapa jam.

Namun, sekitar pukul 08.30 WIB, puluhan laman yang diretas sudah kembali normal dan dapat diakses kembali oleh publik.

Edif mengatakan ada sekitar 50 alamat website atau subdomain yang dikelola pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek. Beberapa situs yang diretas merupakan laman milik sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Puluhan laman atau website milik Pemkab Trenggalek diretas oleh hacker berisi sindiran
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News