Meloncat 100 Tingkatan, FK Unair Menempati Posisi 400 Besar Dunia, Wow!

Sabtu, 09 April 2022 – 17:19 WIB
Meloncat 100 Tingkatan, FK Unair Menempati Posisi 400 Besar Dunia, Wow! - JPNN.com Jatim
Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof Budi Santoso (tengah) mengumumkan kenaikan peringkat fakultasnya, Sabtu (9/4. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya naik ke posisi 401-450 peringkat dunia berdasarkan hasil penilaian lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subject 2022.

FK Unair meloncat 100 tingkat dari sebelumnya di posisi 551-600 dunia pada tahun lalu. Akan tetapi, capaian itu justru menjadi tantangan agar ke depannya bisa bersaing di peringkat global.

"Alhamdulillah, FK Unair mendapatkan sebuah peningkatan rangking yang luar biasa. Kami bersyukur dan senang," ujar Dekan FK Unair Prof Budi Santoso, Sabtu (9/4).

Selain di tingkat dunia, FK Unair juga otomatis naik peringkatnya di Indonesia. Pada tahun sebelumnya berada di posisi keempat kini naik ke peringkat dua setelah FK UI, menggeser FK UGM.

Menurut Budi, capaian itu tak lepas dari beberapa indikator yang berhasil dipenuhi oleh FK Unair, seperti H-index Citations, Citation per Paper, Academic Reputation, Employer Reputation, Daya Tampung SBMPTN 2022, dan peminat FK Unair 2021.

Nah, dari indikator itu yang dinilai ada tiga hal, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"Kami juga meningkatkan jurnal-jurnal di FK Unair dari sisi kualitas dengan melakukan bimbingan terus kepada dosen dan mahasiswa. Para pengelola juga kita adakan pelatihan khusus agar jurnal kita kualitasnya semakin baik, " jelasnya.

Tak hanya itu, dalam proses pembelajaran, FK Unair juga mengusung konsep entrepreneurship untuk memperluas kompetensi lulusannya. Hal itu tidak selalu berkonotasi dengan bisnis.

FK Unair meloncat 100 tingkat dari sebelumnya di posisi 551-600 kini menempati posisi 401-450 peringkat dunia berdasarkan QS World University Rankings
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News