Cerita Ratu, Mahasiswa Termuda Unair yang Punya Segudang Prestasi

Selasa, 05 April 2022 – 21:10 WIB
Cerita Ratu, Mahasiswa Termuda Unair yang Punya Segudang Prestasi - JPNN.com Jatim
Ratu Sakinatul Aqila olos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Universitas Airlangga Surabaya. Foto: Dok. Pribadi Ratu.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ratu Sakinatul Aqila lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Universitas Airlangga Surabaya. Dia tercatat sebagai mahasiswa paling muda dengan usia 14 tahun delapan bulan.

Ada cerita dibalik suksesnya Ratu lolos SNMPTN tersebut. Dia awalnya mengambil program akselerasi di sejak jenjang SMP, yakni di MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya lalu dilanjutkan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik.

Semua capaiannya itu tidak diraih secara instan, ada ambisi besar untuk nilai akademik yang bagus. Untuk mencapai hal tersebut, dia rela menghabiskan waktu untuk mempelajari setengah hingga satu bab baru.

Tugas-tugas yang dia dapatkan dari sekolah juga selalu dikerjakan. Bahkan, Ratu sampai begadang hingga tengah malam untuk menyelesaikan itu semua.

“Kalau melihat tugas yang bejibun, terus selesai rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward setelah ngerjainnya,” ungkap Ratu, Selasa (5/4).

Perempuan kelahiran Gresik 15 Juli 2007 itu mengaku kalau terkadang hampir menyerah. Namun, adanya teman yang memiliki ambisi yang sama dan lingkungan akselerasi yang penuh semangat membuatnya kembali bangkit agar tak tertinggal.

Selain unggul di bidang akademik, Ratu rupanya mengikuti kelas tahfiz. Dia aktif menghafal Al-Qur'an sejak kecil dan berhasil mengingat sebanyak 15 juz.

Berbagai lomba telah diikutinya hingga mendapatkan penghargaan tingkat kabupaten. Dia juga menyabet Juara 2 Bahasa Arab Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021 se-Kabupaten Gresik.

Ratu menceritakan bagaimana perjuangannya bisa lolos hingga SNMPTN 2022 di Unair, begini lengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News