Terungkap! Ini Kenapa Solar Langka di Surabaya dan Daerah Jawa Timur Lain

Rabu, 06 April 2022 – 07:47 WIB
Terungkap! Ini Kenapa Solar Langka di Surabaya dan Daerah Jawa Timur Lain - JPNN.com Jatim
Solar langka di Surabaya dan daerah-daerah Jatim lainnnya. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketersediaan solar langka di SPBU kawasan Jawa Timur. Penyebabnya pun diungkapkan oleh PT Pertamina.

Section Head Communication and Relations PT Pertamina Jatimbalinus Arya Yusa Dwi Candra mengakui solar langka akibat lambatnya distribusi dari Terminal BBM.

"Iya mas, lagi optimalisasi mobil tangki. Permintaan pertalite kemarin cukup tinggi, sekarang kami penuhi solar. Jadi, ada jeda waktu distribusi yang cukup lama dari Terminal BBM ke SPBU," katanya, Selasa (5/4).

Kendati begitu, Arya memastikan bahwa stok solar di wilayah Jawa Timur aman sebab Pertamina Patra Niaga sebelumnya mengaktifkan pos layanan Satgas Ramadan dan Idulfitri 1443 H.

Arya memaparkan kebutuhan solar di Jawa Timur rata-rata 182 ribu kilo liter (KL) per bulan. Data itu naik dibandingkan dengan kebutuhan Januari 2022 yang sebesar 170 ribu KL.

Di sisi lain, terlihat antrean kendaraan besar di sejumlah SPBU daerah Jatim karena tingginya permintaan solar, seperti SPBU Berbek Industri, SPBU Pakal, SPBU Diponegoro Sidoarjo, SPBU Rest Area Tol Tandes, serta SPBU Margomulyo.

Jalur menuju Rest Area Sidoarjo bahkan sempat macet di sisi kiri jalan karena banyak truk mengantre untuk menunggu pasokan solar datang karena stok di SPBU menipis. (antara/mcr13/jpnn)

PT Pertamina mengungkapkan blak-blakan penyebab solar langka di Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News