Pemberangkatan Haji Belum Jelas, Daftar Tunggunya Berpuluh-puluh Tahun

Selasa, 05 April 2022 – 21:46 WIB
Pemberangkatan Haji Belum Jelas, Daftar Tunggunya Berpuluh-puluh Tahun - JPNN.com Jatim
Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram (kanan) usai bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (5/4/2022). ANTARA/Fiqih Arfani.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Persiapan pemberangkatan ibadah haji tahun 2022 tetap dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jatim meski belum ada pengumuman resmi dari pemerintah pusat terkait pelaksanaanya.

"Persiapan haji untuk Jatim sudah siap, mulai kemarin sudah dilakukan pasporing," ujar Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (5/4).

Dia menyebut kelengkapan administrasi sudah selesai 95 persen, termasuk persiapan akomodasi dan Asrama Haji di Sukolilo Surabaya.

"Asrama Haji sudah diperbaiki dan steril setelah digunakan sebagai tempat karantina pasien Covid-19. Semua sudah siap dan kami tinggal menunggu arahan dari pusat," katanya.

Namun, hingga kini masih belum ada kepastian jumlah jemaah yang mendapatkan kuota dari Arab Saudi. Dengan begitu belum dipastikan berapa calon di Jatim yang akan diberangkatkan.

Husnul berkeinginan jemaah haji dari Indonesia 100 persen diberangkatkan, yaitu 231 ribu orang dan dari Jatim 35 ribu orang

"Di Jatim, yang sudah melunasi dan masuk daftar tunggu sejak dua tahun lalu jumlahnya 33 ribuan orang. Nah, semua sangat berharap berangkat tahun ini. Makanya kami berdoa agar Indonesia mendapat kuota penuh," kata dia.

Jumlah jemaah asal Jatim yang sudah antre untuk menunaikan ibadah haji sebanyak 1,096 juta orang atau harus menunggu selama 32 tahun.

Pemerintah belum mengumumkan secare resmi kapan pelaksanaan haji dilakukan, tetapi Kemenag Jatim tetap melakukan persiapan. Berharap segera dibuka.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News