Covid-19 di Indonesia Bisa Jadi Endemi Setelah Lebaran, Berikut Pernyataan Ma’ruf Amin

Kamis, 31 Maret 2022 – 15:29 WIB
Covid-19 di Indonesia Bisa Jadi Endemi Setelah Lebaran, Berikut Pernyataan Ma’ruf Amin - JPNN.com Jatim
Wakil Presiden Ma’aruf Amin saat menghadiri di ground breaking RSI Ahmad Yani Surabaya, Kamis (31/3). Foto: Youtube RSI Ahmad Yani

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyatakan bulan ramadan sebagai penentu Covid-19 masih pandemi atau berubah menjadi endemi. Hal itu dia sampaikan saat menghadiri groundbreaking RSI Ahmad Yani Surabaya, Kamis (31/3).

“Insyaallah kita harapkan setelah hari raya ini, menentukan apakah kita akan masuk endemi atau masih di pandemi,” ujar Ma'ruf.

Dia mengajak seluruh masyarakat bersama-sama mengawal situasi Covid-19 agar tetap kondusif, apalagi tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan mudik asalkan sudah mendapat suntikan vaksin booster.

“Kami menekankan bagi yang mudik untuk mendapatkan vaksin booster dan melaksanakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain sebagainya," tuturnya.

Syarat vaksin booster bagi pemudik agar menjaga masyarakat di daerah pedesaan yang akan didatangi lantaran banyak orang tua atau lansia yang sudah rentan.

"Warga dengan komorbid juga ada. Banyak anak-anak juga. Walaupun sudah di (vaksin, red) booster, tetap harus prokes," tegasnya.

Menurut Ma'ruf, pemerintah pusat sudah memberikan instruksi kepada pemerintah daerah untuk bersiap, baik yang akan menerima pemudik atau mayoritas warganya melakukan mudik.

"Kami minta (pemerintah, red) daerah-daerah bersiap untuk menerima kemungkinan bahwa mudik akan dibuka tahun ini,” katanya.

Ma'ruf Amin Bilang Kalau Tak Ada Lonjakan Kasus Setelah Lebaran, Indonesia Bisa Endemi, bagaimana caranya?
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News