Perang Rusia-Ukraina Berpotensi Berdampak pada BUMN Ini, Siap-siap

Selasa, 22 Maret 2022 – 10:31 WIB
Perang Rusia-Ukraina Berpotensi Berdampak pada BUMN Ini, Siap-siap - JPNN.com Jatim
Konflik Rusia Vs Ukraina. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

jatim.jpnn.com, GRESIK - Perang Rusia-Ukraina membuat BUMN PT Petrokimia Gresik mengambil langkah antisipasi.

PT Petrokimia Gresik siap mengalihkan impor salah satu bahan baku pupuk mereka, yakni kalium klorida (KCl) dari Rusia atau Belarusia.

"Tentu kami tidak akan mengandalkan satu sumber saja dalam membeli bahan baku pupuk sebab masih ada Kanada dan Yordania," kata Vice President Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik Awang Djohan Bachtiar, Senin (21/3).

Awang mengakui sampai saat ini, imbas yang pihaknya takutkan belum terlihat dan masih aman. Namun demikian juga memiliki risiko terkena konflik karena wilayah yang mengimpor KCL kepada mereka dari Rusia.

Adapun Belarusia juga berbatasan langsung dengan Rusia di sebelah timur laut.

Awang mengakui dari beberapa negara pengimpor KCl ke Petrokimia Gresik, Kanada memiliki porsi lebih besar daripada Rusia, Belarusia, atau Yordania.

Terkait dengan harga, Awang mengungkapkan tidak terlalu berbeda jauh apabila Petrokimia Gresik mengalihkan impornya ke negara lain, yakni sesuai standar internasional.

"Jadi, terkait harga tidak jauh beda untuk internasional," kata Awang yang tidak menyebut secara detail perbedaannya itu.

Perang Rusia-Ukraina berpotensi mendatangkan dampak pada produksi BUMN di Jatim ini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News