Dosen Ekonomi UM Beberkan Kondisi Terkini di Rusia, Simak

Rabu, 09 Maret 2022 – 22:47 WIB
Dosen Ekonomi UM Beberkan Kondisi Terkini di Rusia, Simak - JPNN.com Jatim
Dosen Ekonomi Universitas Negeri Malang Febri Wijayanti ketika melakukan zoom dengan media. Foto: Screenshot Zoom yang difasilitasi UM

jatim.jpnn.com, RUSIA - Dosen Ekonomi Universitas Negeri Malang Febry Wijayanti sedang mengenyam pendidikan S3 di Rusia. Konflik Rusia dengan Ukraina yang cukup mencekam membuat khawatir kerabatnya.

Tak jarang Febry ditanya bagaimana kondisinya di sana dan keselamatannya dalam kondisi peperangan tersebut.

"Yang banyak diberitakan di media itu perbatasan Rusia dan Ukraina dan saya saat ini tinggal di perbatasan Rusia dan Kazakhstan," ucap Febry Selasa, (8/3).

Dia menjelaskan di Rusia mengenyam pendidikan selama lima tahun. Perang tersebut membuat kondisi di negara yang dia menimbang ilmu mengalami perubahan.

Salah satunya pemakaian aplikasi Twitter dan Facebook yang sudah tak bisa digunakan sekarang.

"Kalau perkuliahan di sini offline. Banyaknya sanksi yang diberikan oleh negara barat dan Amerika Serikat membuat usaha hengkang dari Rusia," ungkapnya.

Meski operasi militer yang sekarang berlangsung atas dasar perintah Presiden Rusia, Vladimir Putin. Namun, banyak warga Rusia secara terang-terangan tidak setuju dengan perang tersebut dan sering melakukan demo.

Dampak yang sekarang cukup terasa di Rusia, yaitu terkait makanan, terutama tentang sayuran dan susu yang harganya mulai naik.

Berikut pernyataan dosen ekonomi UM yang sekarang berada di Rusia
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News