Duh, Ratusan Jalan di Surabaya Sebagian Rusak, Warga Banyak Mengeluh

Selasa, 15 Maret 2022 – 15:02 WIB
Duh, Ratusan Jalan di Surabaya Sebagian Rusak, Warga Banyak Mengeluh - JPNN.com Jatim
Dokumentasi- Sejumlah pekerja Pemkot Surabaya melakukan pemeliharaan penambalan jalan berlubang di salah satu kawasan Kota Surabaya. (FOTO ANTARA/HO-Abdullah Rifai)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Genangan air hujan pada tahun ini membuat 366 ruas jalan di Surabaya, sebagian mengalami kerusakan.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma menyebut Pemkot setempat telah mengalokasikan sekitar Rp 30 miliar dari APBD 2022 untuk perbaikan jalan agar tahun ini tak ada yang berlubang.

"Kami minta Pemkot Surabaya melakukan perbaikan jalan rusak setelah musim hujan berakhir," kata William, Selasa (15/30).

Dia mengaku sering mendapatkan banyak keluhan dari warga terkait jalanan di Surabaya banyak berlubang dan bergelombang.

"Ini kan membahayakan pengguna jalan," ujar legislator dari Frasksi PSI tersebut.

Menurutnya, pembangunan jalan harus sesuai dengan standar nasional, yaitu terpenuhinya international roughness index (IRI) atau ketidakrataan permukaan jalan.

Makin besar nilai IRI maka makin buruk keadaan permukaan jalannya. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 13/PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan.

"Saya mengusulkan pelapisan ulang jalan (overlay) harus dikerok terlebih dahulu dan diberi landasan agar jalan tidak bergelombang atau menonjol. Selain itu, semua jalan yang ada manhole harus rata dengan jalan. Misalnya, di Jalan Jemur Andayani, Sidotopo Wetan, dan Simo," kata William.

366 jalan di Surabaya, sebagian mengalami kerusakan akibat genangan air saat hujan pada tahun ini
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News