Seminggu SPTJM Ditiadakan, Penetapan NIP PPPK Guru Hanya Sebegini, Duh

Minggu, 13 Maret 2022 – 09:09 WIB
Seminggu SPTJM Ditiadakan, Penetapan NIP PPPK Guru Hanya Sebegini, Duh - JPNN.com Jatim
Karo Humas BKN Satya Pratama menjelaskan soal penetapan NIP PPPK guru dan NIP CPNS. Ilustrasi Foto: Humas BKN

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah meniadakan syarat surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) bagi pengusulan penetapan NIP PPPK guru sejak sepekan lalu.

Karo Humas BKN Satya Pratama mengatakan peniadaan SPTJM itu bertujuan untuk mempercepat proses penetapan NIP PPPK guru.

"Ketentuan SPTJM masa kerja bagi PPPK guru juga tidak ada dalam PermenPAN-RB 28/2021," ujar Satya kepada JPNN.com, Sabtu (12/3).

Satya menilai seharusnya dengan pelonggaran persyaratan itu akan mempermudah pejabat pembina kepegawaian (PPK) mengusulkan NIP PPPK guru. BKN akan memproses sesuai usulan masing-masing PPK.

"Prinsipnya, BKN memproses sesuai usulan masing-masing PPK, ya," ujarnya.

Dia menyebutkan sesuai data per 11 Maret 2022, BKN telah menetapkan 51.008 NIP CPNS 2021, 61.428 NIP PPPK guru tahap 1, 7.707 NIP PPPK guru tahap 2, dan 9.997 NIP PPPK nonguru.

Satya mengusulkan bagi PPPK maupun CPNS yang ingin melihat perkembangan penetapan NIP PPPK, bisa mengaksesnya di https://s.id/UpdateNIP_NIP3K2021.

Apabila dibandingkan dengan data penetapan NIP CPNS dan PPPK pada 4 Maret 2022, ada penambahan signifikan untuk CPNS. Adapun PPPK guru tahap I, 2, dan nonguru belum terlihat lonjakan penambahan.

Berita P3K Terbaru: Berikut ini data BKN tentang jumlah NIP PPPK guru yang sudah ditetapkan setelah sepekan penghapusan syarat SPTJM.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News