Kenalkan, Cak Man, Bisa Melacak Barang Titipan Narapidana di Lapas Sidoarjo

Sabtu, 05 Maret 2022 – 20:46 WIB
Kenalkan, Cak Man, Bisa Melacak Barang Titipan Narapidana di Lapas Sidoarjo - JPNN.com Jatim
Siti Maimunah menunjukkkan aplikasi Cak Man buatan Lapas Sidoarjo yang bisa melacak barang titipan pengunjung. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Lapas Sidoarjo meluncurkan layanan berbasis aplikasi dinamai Cak Man (lacak pengiriman) yang bisa mengetahui posisi barang titipan narapidana, Sabtu (5/3).

Inovasi Lapas Sidoarjo melalui Cak Man tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat, salah satunya Siti Maimunah. Perempuan 52 tahun itu memang sering menitipkan barang, seperti makanan ringan untuk anaknya yang sedang menjalani pembinaan berinisial YD.

"Saya ini tadi mencoba mengecek di handphone," ujar Maimunah.

Siti menjelaskan cara menggunakannya datang ke loket pelayanan lalu menitipkan barang dan diperiksa. Petugas memasukkan ke dalam lapas diserahkan kepada YD. Dia lalu mendapatkan bukti penitipan dan nomor resi.

Proses serah terima barang itu pun diabadikan dengan foto yang terintegrasi dengan aplikasi Cak Man di website Lapas Sidoarjo.

"Saya sudah lihat di aplikasi, alhamdulillah sudah diterima langsung oleh anak saya," jelasnya.

Perempuan asal Surabaya itu mengaku senang bisa melihat proses penyampaian barang yang dititipkan ke petugas lapas sehingga dia bisa yakin barang titipannya benar-benar diterima anaknya.

"Kalau dulu saya cuma bisa kira-kira saja, sekarang sudah ada bukti fotonya. Jadi, makin yakin," ungkapnya.

Cak Man, aplikasi buatan Lapas Sidoarjo yang berfungsi melacak barang titipan dari pengunjung kepada narapidana
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News