Upaya Khofifah Tangani Banjir di Pamekasan, Lihat

Rabu, 02 Maret 2022 – 20:37 WIB
Upaya Khofifah Tangani Banjir di Pamekasan, Lihat - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Desa Sudemangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan yang terdampak banjir, Rabu (2/3). Foto : Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau banjir di Pamekasan, Rabu (2/3). Dia memastikan air yang menggenangi desa-desa di sana segera surut.

“Pemprov Jatim memfungsikan dua pompa air guna mengalirkan genangan air ke sungai,” kata Khofifah saat meninjau Desa Sudemangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Selain pompa air, pihaknya menyiapkan satu unit ekskavator untuk membersihkan dan mengevakuasi material sisa banjir serta mengeruk sedimentasi di sungai.

“Kami berharap debit air sungai kembali normal sehingga air yang menggenangi rumah-rumah warga bisa disedot dan dialirkan ke sungai," kata Khofifah.

Banjir di Kabupaten Pamekasan, berawal dari hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (1/3) dini hari, yang menyebabkan Sungai Kloang dan Kali Semajid meluap.

Sebanyak tujuh daerah terdampak banjir, antara lain Kelurahan Jungcangcang, Parteker, Kolpajung, Petemon, Gladak Anyar, Kangenan, dan Barurambat Kota.

Banjir juga terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Pademawu, Palengaan, Proppo, dan sebagian di Kecamatan Galis.

"Kami berharap debit air sungai bisa kembali normal sehingga air yang menggenangi rumah-rumah warga bisa disedot dan dialirkan ke sungai," ujarnya.

Sementara itu, Camat Pamekasan Rahmat Suroso menyampaikan sudah mendirikan dapur umum yang menyediakan 1.500 bungkus paket makanan yang terbagi dalam tiga sesi yakni pagi, siang, dan malam

“Dapur umum terbagi di Kecamatan Pamekasan dan balai kelurahan yang terdampak agar mampu mengcover keseluruhannya,” katanya.

Mantan Mensos itu memerinci jumlah masyarakat terdampak di Pamekasan sebanyak 4.612 KK atau 10.371 jiwa, sedangkan di Kecamatan Pademawu ada enam desa dan satu kelurahan dengan rata-rata 3.500 jiwa.

"Jadi, total ada 13.721 jiwa. Kami berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, apalagi dukungan dari Pemprov Jatim makin menguatkan kami membantu masyarakat terdampak," pungkas Rahmat. (mcr23/jpnn)

Khofifah kerahkan dua pompa dan satu eskavator untuk tangani banjir di Pamekasan

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News