Museum Masmundari Representasi Peran Perempuan Dalam Kebudayaan

Senin, 29 November 2021 – 07:36 WIB
Museum Masmundari Representasi Peran Perempuan Dalam Kebudayaan - JPNN.com Jatim
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (tengah) saat meresmikan Museum Virtual Masmundari. Foto: Dok. Museum Masmundari

jatim.jpnn.com, GRESIK - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meresmikan Museum Masmundari di Gedung Putri Mijil Pendopo Kabupaten Gresik, Sabtu (27/11) malam.

Gus Yani mengatakan museum dalam bentuk digital itu sebagai salah satu teladan produktivitas kaum milenial di Gresik.

"Saya mengapresiasi kreativitas anak-anak muda Yayasan Gang Sebelah. Itu inovasi yang sangat luar biasa merespons perkembangan saat ini," kata Gus Yani.

Menurutnya, siapa saja harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi, begitu juga dengan seniman. Pihaknya juga mendukung milenial untuk berinovasi.

“Milenial ini yang sangat luar biasa energinya. Kami dukung dan mudah-mudahan bisa terus bersinergi.” ujar dia.

Sementara itu, Pembina Yayasan Gang Sebelah, Dewi Musdalifah mengatakan Museum Masmundari merupakan salah satu wujud peran perempuan memberikan warna dalam kebudayaan Gresik.

"Kami mengambil peran dalam kerja-kerja kebudayaan di wilayah estetika. Menjaga nilai-nilai yang tumbuh dan peka terhadap persoalan-persoalan di Gresik," jelasnya.

Menurut Dewi, banyak tokoh-tokoh perempuan dengan nama besar di Gresik, seperti Fatimah binti Maimun, Nyi Ageng Pinatih Walimah Zainab di Bawean dan Masmundari.

Musem Masmundari berisi tentang wujud peran perempuan memeberikan warna dalam kebudayaan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News