Abmas KKN Tim ITS Dampingi Mitra Dapatkan Ijin Edar PIRT dan Sertifikasi Halal

Sabtu, 20 November 2021 – 20:51 WIB
Abmas KKN Tim ITS Dampingi Mitra Dapatkan Ijin Edar PIRT dan Sertifikasi Halal - JPNN.com Jatim
Foto bersama mitra saat setelah penyerahan dan pemasangan logo Binaan PKH ITS. Foto: Dok. Abmas KKN ITS

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Abmas) KKN Tematik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan pendampingan sertifikasi halal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) minuman herbal di Surabaya.

Kegiatan secara hybrid itu dilakukan 15 mahasiswa ITS dan lima anggota Abmas, yakni Prof Setiyo Gunawan, Orchidea Rachmaniah, Dr Sri Rachmaniah Juliastuti, Nuniek Hendrianie, dan Dewi Puspita.

Ketua Tim Abmas KKN Tematik Darmawan mengatakan kegiatan peningkatan pemberdayaan masyarakat itu melibatkan mitra pada Workshop Kader Penggerak Halal yang diadakan oleh Pusat Kajian Halal (PKH) ITS.

"Pendampingan itu dilakukan pada UMKM Gerai Dharma Nugraha Sembada (Dharma Nusa) yang kesulitan menjual produknya karena belum memiliki izin edar," ujar Darmawan.

Dengan pendampingan itu bisa memberikan pemahaman kaidah produk halal dan pengurusan perizinan edar. Khususnya izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk menghindari berbagai konsekuensi yang tidak diinginkan.

"Selain Tri Dharma, kegiatan abmas KKN ini merupakan bentuk kepedulian civitas academica ITS terhadap masyarakat," imbuh dia.

Pendampingan dilakukan mulai dari analisa terkait keunggulan, keterbatasan, dan hambatan Gerai Dharma Nusa, termasuk identifikasi terhadap pemberian label produk.

Kemudian, pendampingan UMKM mitra dalam memahami dan menerapkan cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga

Pendampingan yang dilakukan Abmas KKN ITS membantu UMKM mendapatkan sertifikasi halal produknya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News