Vokasi ITS dan PT Teknindo Buat Alat Deteksi Longsor Secara Realtime Berbasis Internet

Kamis, 11 November 2021 – 07:08 WIB
Vokasi ITS dan PT Teknindo Buat Alat Deteksi Longsor Secara Realtime Berbasis Internet - JPNN.com Jatim
Vokasi ITS bersama PT Teknindo Geosistem Unggul meluncurkan alat deteksi kelongsoran tanah realtime berbasis internet. Foto: Humas Vokasi ITS

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan PT Teknindo Geosistem Unggul mengembangkan alat deteksi kelongsoran tanah realtime berbasis internet.

Instrumen geoteknik yang dikenal dengan nama inclinometer telah diuji coba perdana di workshop PT Teknindo Geosistem Unggul di Tambak Sawah Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (10/11).

Direktur PT Teknindo Geosistem Unggul Ir Wahyu P Kuswanda mengatakan inclinometer diaplikasikan pada lereng perbukitan, jalan raya, rel di atas timbunan tinggi, bendungan tipe urugan, dan galian basemen gedung bertingkat.

Tujuannya sebagai sistem peringatan dini (early warning system) terhadap adanya kemungkinan terjadinya kelongsoran tanah.

"Sistem peringatan dini bekerja secara real time, kapan saja, dan dari mana saja. Ini merupakan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu geoteknik di Indonesia," kata Wahyu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Vokasi ITS Prof M Sigit Darmawan menyebut pengembangan inclinometer realtime berbasis internet itu menunjukkan keberhasilan dari program kerja sama dan matching interest antara dunia industri dan dunia kampus.

"Kemandirian kebutuhan instrumen geoteknik pada PT Teknindo Geosistem Unggul telah terwujud setelah bekerjasama dengan Fakultas Vokasi ITS," ucap dia.

Pengembangan inclinometer berbasis internet itu merupakan salah satu permulaan yang terus diikuti dengan keberhasilan bersama industri lainnya.

Alat deteksi longsor itu akan bekerja secara realtime menggunakan internet
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News