Manfaatkan IA-CEPA, Pengusaha Jatim Diajak Kembangkan Bisnis

Kamis, 18 November 2021 – 09:50 WIB
Manfaatkan IA-CEPA, Pengusaha Jatim Diajak Kembangkan Bisnis - JPNN.com Jatim
Webinar Katalis bersama IA CEPA mengajak pengusahan Jatim menanfataakan peluang perdagangan. (Foto : Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Para Pengusaha Jawa Timur diajak untuk mengembangkan bisnis dan meraih peluang baru untuk mendapatkan pendanaan, keahlian, dan dukungan melalui program Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Direktur Katalis, Paul Bartlett, mengungkapkan program tersebut resmi diluncurkan pada Juli 2021 lalu.

“Katalis sendiri adalah program kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Australia yang dirancang untuk memaksimalkan manfaat IA-CEPA," kata Paul, Rabu (17/11).

Dalam upaya pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19, lanjut Paul, Katalis memfasilitasi keterampilan pasar tenaga kerja berperforma tinggi untuk bisnis.

"Kami bekerja sama dengan industri,untuk mengidentifikasi kebutuhan akan keterampilan,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjalin hubungan produktif antara bisnis utama pada sektor-sektor penting di Indonesia dan para penyedia pelatihan, pendidikan dan kejuruan teknis Australia.

"Katalis berada di bawah pengawasan Pemerintah Indonesia dan Australia melalui Komite Kerjasama Perekonomian (ECC)," tutur Plt. Konsul Jenderal Australia, Hind.

Hind menjelaskan sebelum pandemi Covid-19, perdagangan barang dan jasa antara Indonesia-Australia terus tumbuh. Pada periode 2019-2020, total perdagangan barang dan jasa antara Indonesia dan Australia bernilai A$ 16,2 miliar

Para pengusaha Jawa Timur diajak meningkatkan peluang perdagangan melalui pemanfaatan IA-CEPA.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News