Angka Pengangguran di Jatim Terus Meningkat, Disnakertrans Tak Cuma Diam

Sabtu, 13 November 2021 – 08:10 WIB
Angka Pengangguran di Jatim Terus Meningkat, Disnakertrans Tak  Cuma Diam - JPNN.com Jatim
Pelatihan UMKM untuk mengurangi tingkat pengangguran (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim mencatat selama pandemi, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Timur cenderung meningkat.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Jatim, Sunarya mengungkapkan pada Agustus 2021, TPT di provinsi setempat mencapai 5,74 persen.

Persentase tersebut lebih tinggi 0,74 persen dari Februari 2021 sebesar 5,17 persen,

Sunarya pun mengatakan guna menekan tingkat pengangguran tersebut selama pandemi COVID-19, pihaknya telah melakukan serangkaian usaha. Salah satunya, dengan pelatihan kerja.

“Harapannya, dengan pelatihan berbasis kompetensi, keterampilan para pencari kerja meningkat,” kata dia.

Event job fair juga sering diadakan untuk mempertemukan pencari kerja dengan pengguna kerja. Karena masih di masa pandemi, maka dilakukan secara hybrid.

Selain itu, Disnakertrans Jatim juga memberikan pelatihan kepada entrepreneur yang baru merintis usaha hingga berkembang supaya bisa memasarkan produknya secara online.

“Selain itu, mereka diajarkan langkah-langkah memperoleh izin usaha. Serta, diedukasi bagaimana mencatat keuntungan di usaha-usaha kecil dan pemula,” ujar dia.

Disnakertrans Jatim menyiapkan berbagai program untuk mengurangi tingkat pengangguran
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News