Masyarakat Surabaya yang Butuh Pelatihan dan Sertifikasi Kerja Cek Laman Berikut

Sabtu, 07 Mei 2022 – 11:13 WIB
Masyarakat Surabaya yang Butuh Pelatihan dan Sertifikasi Kerja Cek Laman Berikut - JPNN.com Jatim
Ilustrasi pelatihan menjahit. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya menyediakan 26 jenis pelatihan dan sertifikasi kerja. Bagi masyarakat yang penasaran bisa mengakses laman disnaker.surabaya.go.id.

Kadisnaker Kota Surabaya Achmad Zaini mengatakan pelatihan ini untuk memberdayakan masyarakat dan menciptakan kesempatan berusaha serta mempermudah mengakses dunia kerja atau pasar industri di Kota Pahlawan.

"Website tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat terkait ketersediaan data dan informasi dunia industri," ujar Zaini, Jumat (6/5).

Terdapat berbagai menu pilihan pada website. Salah satunya Siap Kerja Surabaya. Selain itu, ada 204 lowongan aktif dari total 580 perusahaan. Jika masyarakat berminat bisa langsung melamar dengan mengisi data diri.

"Pelatihan kerja dan sertifikasi yang disediakan meliputi pelatihan teknisi perawatan mesin pendingin atau AC, ahli terapi, terapi spa, administrasi perkantoran, desain grafis, perawatan rambut, dan pemangkasan, IT support, teknisi komputer, dan akuntansi dasar," katanya.

Kemudian, ada pelatihan fotografi, barista, multimedia, digital marketing, las pipa lanjutan, baby massage, tour guide, alat angkat angkut, pastry cook, K3 umum, otomotif mobil, las SLTA sederajat, ekspor impor, pekerja pengelasan, perhotelan, otomotif motor, cleaning service, penjaga lansia, dan jasa boga.

Untuk jadwal pelatihan, dimulai sejak Februari hingga Oktober 2022, dengan durasi sepuluh sampai 30 hari tergantung dengan jenis pelatihan.

"Calon peserta diwajibkan melakukan seleksi administrasi, tes minat bakat, pelatihan, uji kompetensi, dan masuk pada pasar kerja," jelasnya.

Pemkot adakan pelatihan dan sertifikasi kerja, masyarakat bisa cek di laman disnaker.surabaya.go.id.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News