Banjir Bandang Batu, Kementerian PUPR Ambil Tindakan

Kamis, 11 November 2021 – 20:46 WIB
Banjir Bandang Batu, Kementerian PUPR Ambil Tindakan - JPNN.com Jatim
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (ketiga kanan) meninjau dampak banjir bandang, Kamis (11/11/2021). (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, BATU - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berusaha mempercepat perbaikan infrastruktur di Kota Batu yang rusak akibat banjir bandang paa 4 November lalu.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan banjir saat itu mengakibatkan sejumlah infrastruktur seperti jembatan dan jaringan pipa air minum di Kota Batu rusak.

"Ada beberapa jembatan yang akan diperbaiki atau dilakukan pelebaran," kata Basuki, Kamis (11/11).

Pemerintah juga akan memperlebar gorong-gorong untuk melancarkan aliran air menuju Sungai Brantas.

Tak hanya itu, perbaikan pada jaringan pipa air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang rusak akibat banjir bandang juga bakal dilaksanakan.

"Perbaikan pipa-pipa air minum akan bekerja sama dengan PDAM. Saya siapkan pipanya. Lalu diserahkan ke PDAM untuk segera diperbaiki," ucap Basuki.

Di samping memperbaiki infrastruktur, Kementerian PUPR mengerahkan alat-alat berat untuk membantu membersihkan material sisa banjir bandang.

Menurut Basuki, banjir bandang yang merenggut tujuh korban jiwa di Kota Batu penyebab utamanya serupa dengan banjir di beberapa daerah yang lain, yakni tersumbatnya saluran air saat debit air meningkat akibat hujan lebat.

Kementerian PUPR berusaha mempercepat perbaikan infrastruktur di Kota Batu yang rusak akibat banjir bandang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News