Banjir Bandang Kota Batu, Kunjungan Wisatawan ke Selecta Anjlok

Selasa, 09 November 2021 – 20:20 WIB
Banjir Bandang Kota Batu, Kunjungan Wisatawan ke Selecta Anjlok - JPNN.com Jatim
Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu, Jawa Timur. (ANTARA/HO-selectawisata.id)

jatim.jpnn.com, BATU - Sektor pariwisata Kota Batu sangat terpukul menyusul banjir bandang yang melanda daerah itu pada Kamis (4/11) lalu. Kunjungan wisatawan turun hingga 50 persen.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, Sujud Hariadi menerangkan pada Sabtu (6/11) usai terjadi bencana banjir bandang, jumlah kunjungan wisatawan, khususnya di Taman tempatnya merosot menjadi 850 orang. Padahal, pekan sebelumnya mencapai 2.000 orang.

Namun dia memastikan dampak bencana banjir bandang itu diperkirakan tidak akan terlalu lama. Harapannya, pada pekan ketiga dan keempat November 2021, jumlah kunjungan wisatawan sudah kembali normal.

"Kami kira dampaknya tak terlalu lama. Warga akan kembali berwisata lagi," kata dia, Selas (9/10).

Dia pun mengharapkan penanganan dampak bencana banjir bandang bisa dilakukan secara cepat dan tidak ada bencana susulan di kemudian hari.

Pihaknya juga telah memiliki prosedur tetap bila terjadi kondisi cuaca buruk di tempat wisata seperti jalur evakuasi dan lainnya.

Prosedur standar itu, di antaranya, kalau terjadi cuaca ekstrim pada saat banyak wisatawan, pihak Taman Rekreasi Selecta akan melarang wisatawan untuk berteduh di bawah pohon.

"Jadi, kami arahkan mereka ke bangunan terdekat, atau ke tempat yang terbuka. Sudah ada prosedurnya," ucap dia. (antara/mcr13/jpnn)

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu menerangkan dampak banjir bandang terhadap kunjungan wisata ke tempatnya.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News