6 Kelurahan Kota Madiun Boyong Penghargaan Proklim KLHK

Minggu, 31 Oktober 2021 – 11:15 WIB
6 Kelurahan Kota Madiun Boyong Penghargaan Proklim KLHK - JPNN.com Jatim
Sebanyak dua kelurahan di Kota Madiun, Jatim meraih Tropi Proklim Utama dan empat kelurahan meraih Sertifikat Proklim Utama. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Enam kelurahan di Kota Madiun memperoleh penghargaan tingkat nasional Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan penghargaan Proklim itu berupa dua kelurahan meraih Trofi Proklim Utama dan empat kelurahan meraih Sertifikat Proklim Utama.

"Dari enam kelurahan yang masuk nominasi nasional itu, dua di antaranya berhasil meraih trofi," ujar Maidi di Madiun, Sabtu (30/10).

Adapun dua kelurahan yang berhasil memboyong Trofi Proklim Utama, yakni Kelurahan Taman dan Pandean. Sedang empat kelurahan yang meraih Sertifikat Proklim Utama, yaitu Klegen, Kanigoro, Pangongangan, dan Kartoharjo.

"Saya mengapresiasi prestasi tersebut. Capaian ini tidak mudah, butuh kerja keras, dan tidak semua daerah bisa meraihnya," kata Maidi.

Ada daerah yang hanya sampai di tingkat provinsi. Ada juga yang tidak lolos sama sekali. Sedangkan, Kota Madiun, ada enam kelurahan sekaligus yang masuk penilaian di tingkat nasional. Bahkan, nilai yang didapat juga cukup tinggi.

Untuk kategori Sertifikat Utama, paling tidak harus memiliki nilai di atas 81. Sementara, untuk meraih kategori Trofi Utama, wajib mendapat nilai lebih dari 81 dan memiliki keunggulan di daerahnya.

"Masih ada kategori lestari. Yakni, yang sudah mendapat trofi itu harus melakukan pembinaan minimal di sepuluh lokasi selama satu tahun. Nanti, didampingi untuk mendapatkan kategori lestari tersebut," tutur dia.

Enam kelurahan di Kota Madiun memperoleh penghargaan tingkat nasional Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 dari KLHK.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News