DPRD Usulkan Honor Modin di Surabaya Harus Naik, Sebegini

Kamis, 28 Oktober 2021 – 15:33 WIB
DPRD Usulkan Honor Modin di Surabaya Harus Naik, Sebegini - JPNN.com Jatim
Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah. Foto: Antara/HO-DPRD Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Legislator mengusulkan honor modin di Kota Surabaya menjadi Rp 1 juta dari yang sebelumnya hanya Rp400 ribu.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah di Surabaya, Kamis, mengatakan usulan tersebut akan dibahas dalam pembahasan RAPBD Surabaya 2022.

"Nanti usulan itu akan menyesuaikan sesuai dengan anggarannya. Disetujui atau tidak, tergantung kemampuan anggarannya dulu," kata Khusnul.

Menurut Khusnul, saat ini jumlah modin di Surabaya sebanyak 2.400 orang. Artinya, jika upah mereka dinaikkan menjadi Rp 1 juta, maka dibutuhkan anggaran sebesar Rp2,4 miliar.

Kenaikan honor modin ini, lanjut Khusnul, dilandasi oleh tugas modin yang sekarang ini sudah cukup berat.

"Para modin ini tugasnya sudah lumayan berat sama seperti ketua RT atau RW, mereka memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Khusnul menjelaskan tugas modin sangat banyak seperti mengadakan pencatatan yang berhubungan dengan kematian, pendataan tentang nikah, talak, rujuk dan cerai.

"Jika beliau dibutuhkan masyarakat pada tengah malam, beliau harus siap siaga memberikan pelayanan. Makanya harus mulai ditambah honor mereka," ujarnya.

Legislator mengusulkan honor modin di Kota Surabaya harus dinaikkan. Hal ini mengingat tugas modin saat ini sudah cukup berat.
Sumber Antara