FK Unair Jaring 600 Calon Relawan Berstandar Internasional

Rabu, 27 Oktober 2021 – 04:28 WIB
FK Unair Jaring 600 Calon Relawan Berstandar Internasional - JPNN.com Jatim
Penjaringan relawan medis untuk kebencanaan atau Emergency Medical Team (EMT) yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA Jatim/HO-Humas FK Unair/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) menjaring 600 calon tim relawan medis untuk kebencanaan atau Emergency Medical Team (EMT).

FK Unair melalui Departemen Anestesiologi dan Reanimasi Bersama Unit Bantuan Bencana Alam dan Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK Unair merekrut relawan dari berbagai daerah di Indonesia untuk dilatih menjadi relawan berstandar internasional.

Ketua Departemen Anestesi dan Reanimasi FK Unair dr. Bambang Pujo Semedi, SpAn.KIC menjelaskan jika para calon relawan tersebut akan melakukan pelatihan kebencanaan dan siap terjun ke lapangan.

"Calon relawan ini juga memiliki latar belakang multidisiplin yang berbeda. Bukan hanya relawan medis saja, tetapi mereka berasal dari non-medis. Baik yang berpengalaman maupun belum," jelas Bambang.

Menurut dia, para calon relawan EMT FK Unair tersebut akan menjalani pelatihan selama tiga minggu berturut-turut untuk menyiapkan mereka menjadi relawan yang terstandar.

Ketua Unit Bantuan Bencana Alam FK Unair dr. Soni Sunarso S,SpAn.FIPM. KMN, menambahkan program latihan tersebut untuk menyiapkan relawan-relawan kebencanaan dari FK Unair yang terstandar internasional dan diakui oleh WHO.

"Harapnnya, relawan ini siap terjun membantu ke daerah kebencanaan. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi jika bisa hingga ke luar negeri," imbuhnya. (antara/mcr17/jpnn)

FK Universitas Airlangga (Unair) menjaring 600 calon tim relawan medis untuk kebencanaan atau Emergency Medical Team (EMT) yang berstandar internasional
Sumber Antara